Assalamu'alaykum WrWb.
Sholawat serta salam tercurah kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga serta sahabatnya.tidak terasa saat ini telah mendekati paruh semester gasal yang juga berbarengan dengan momen Idul Adha 1435 H atau Lebaran Qurban tahun 2014.
Ada baiknya rangkuman catatan selama awal semester hingga paruh semester ini dibuat selain sebagai kisi-kisi soal Midtest juga sebagai media pembelajaran bagi siswa.
Catatan ini hanyalah sebagian kecil dari materi yang diajarkan. sangat disarankan siswa untuk lebih mencari informasi tentang mata pelajaran terkait di Internet atau buku lainnya sebagai referensi.
Berikut adalah rangkumannya dalam bentuk per kelas dan per mata pelajaran,,,,,
Maaf jika tampilan nya sangatlah kurang nyaman.
Selamat Belajar!!!
Kelas XII
Materi TKJ
1. Proses pemberian informasi (berupa header
atauTrailer) data menjadi paket data (PDU =
Protocol Data Unit) sebelum
dikirimkan ke layer selanjutnya, proses ini terjadi pada
proses pengiriman
paket data menuju host tujuan adalah Encapsulasi
2. Proses dari Encapsulation terbagi kedalam lima
proses
3. Proses pelepasan informasi (berupa header atau trailer)
paket data menjadi data yaitu
Dekapsulasi,
4. Kepanjangan dari WAN adalah Wide Area Network
5. Ruang lingkup Jaringan WAN adalah sebatas Benua
atau Antar pulau
6. Apabila dilihat dari fisiknya, server terbagi
dua jenis, yaitu: Dedicated Server dan PC
Server
7. Salah satu program yang dapat menjembatani Linux
(dan UNIX pada umumnya) dengan
mesin Windows yang cukup terkenal adalah Samba.
8. Samba berasal dari bahasa Brasil
9. Sistem keamanan Jaringan disebut juga dengan
FIREWALL.
10. OSI kepanjangan dari Open System Interconnection
11. Konversi dari
11 0011 (2) ke decimal adalah
5110
12. Jaringan yang mahal adalah WAN
13. Untuk menghindari pemutusan arus listrik secara
tiba-tiba kita gunakan alat yang
fungsinya menyimpan arus listrik. Alat ini
dinamakan UPS (Uninterruptable Power
Supply)
14. Jaringan P2P adalah Peer To Peer
15. Software untuk membuka jaringan internet disebut
Browser
16. Sedangkan software untuk mencari informasi disebut Search
Engine
17. 1 kilobyte = 1024 byte
18. Fungsi
Modem adalah mengubah sinyal Digital menjadi sinyal Analog dan mengubahnya
kembali menjadi sinyal digital. Modem disebut juga Penterjemah
19. Server adalah Penyedia layanan dan Client adalah
pengguna layanan
20.
Bagian-bagian dalam SAMBA ditandai dengan tanda
[]
Essay!
1. Jelaskan Perbedaan antara jaringan LAN, WAN dan
Internet
2. Gangguan pada system dapat terjadi karena faktor
ketidaksengajaan atau orang
ketiga.Tuliskan 3 dari 6 persiapan keamanan system
yang harus dilakukan!
3. Tuliskan fungsi dari Workgroup dan Netbios
Name!
4. Tuliskan 3 jenis koneksi WAN!
5. Saat ini terdapat beberapa jenis protocol yang
digunakan untuk menyediakan mekanisme pengiriman data melalui jaringan WAN.
Tuliskan 3 dari 5 protokol yang digunakan!
6.
Tuliskan 7 OSI Layer secara urut!
7.
Tuliskan 5 type jaringan yang kamu ketahui!
8.
Apakah pengertian dari CYBERSPACE?
9.
Ubahlah menjadi
bilangan desimal dan bilangan okta untuk bilangan biner 111 0101 (2)!
10.
Prinsip Kerja Komputer adalah Output - Storage - Input – Proses .
Buatlah diagramnya!
11. Tuliskan langkah-langkah mengaktifkan Firewall
pada Windows!
KELAS XI
MATERI : PEMROGRAMAN DASAR
1.
Algoritma berasal dari penulis Arab bernama Al
Khuwarizmi
2.
Algoritma merupakan jantung ilmu komputer atau
informatika
3.
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
4.
Pemrograman adalah kumpulan instruksi-instruksi
tersendiri yang dibuat oleh programmer
5.
Program adalah kumpulan istruksi yang disusun
sehingga mempunyai urutan nalar untuk menyelesaikan permasalahan.
6.
Programmer adalah orang yang menyusun program
7.
Bahasa Pemrograman adalah alat untuk membuat
program
8.
Input adalah memasukkan data awal ke komputer
melalui device
9.
Output adalah menampilkan hasil data yang telah
diolah kedalam bentuk yang dipahami manusia melalui devicenya
10.
Proses adalah rangkaian menerima data dan
mengolahnya dengan metode, teknik dan algoritma untuk menghasilkan keluaran.
11.
Contoh Input Device adalah Keyboard, Mouse,
Scaner, Mikropon, joystick
12.
Contoh Output Device adalah Monitor, Printer,
proyektor
13.
Untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang
kita tulis maka diperlukan Compiler dan interpreter
14.
Interpreter menganalisis dan mengeksekusi setap
baris dari program
15.
Compiler menterjemahkan secara keseluruhan
16.
Berdasarkan terapannya bahasa pemrograman
digolongkan atas 2 kelompok yaitu Bahaa Pemrograman bertujuan khusus dan
bertujuan umum
17.
Bahasa Pemrograman bertujuan khusus contohnya
Cobol, Fortran, Bahasa rakitan, Prolog
18.
Bahasa Pemrograman bertujuan umum contohnya
Pascal, Basic dan C
19.
Bahasa Tingkat Rendah adalah pemrograman yang
lebih dekat ke Mesin, conothnya Bahasa Mesin
20.
Bahas Tingkat Tinggi adalah behasa pemrograman
yang lebih manusiawi, contoh Pascal, Cpbaol, Basic, fortran, C++
Flowchart adalah gambar atau bagan yang
memperlihatkan urutan dan hubungan proses beserta pernyataannya dalam bentuk
notasi tertentu.
2KELAS XI
MATERI KOMPUTER TERAPAN
1.
Komputer berasal dari bahasa lain Computare. Dalam bahasa Inggris nya adalah
To Compute yang berarti Menghitung
2.
Alat hitung pertama adalah Sempoa
3.
Komputer adalah perangkat yang yang digunakan
untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang ditentukan.
4.
Komputer Terapan adalah penerapan dari ilmu
komputer yang digunakan untuk penyelsaian masalah yang praktis langsung mempengaruhi
dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Bagan Komputer Minimal adalah
6.
Input Device adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data ke dalam komputer. Contohnya:
Keyboard, mouse, joystick, Mikropon, barcode, layar sentuh, scanner
7.
Output Device adalah peragkat keras komputer
yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran
bisa berupa Hardcopy (kertas cetak), Softcopy (monitor/file) dan Speaker (suara).
8.
CPU (Central Processing Unit) memiliki 2 bagia
fungsional yaitu:
a.
ALU (Aritmetich Logical Unit) sebagai pengolah
data
b.
CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja
komputer
9.
Memory terbagi 2 yaitu:
a.
RAM (Random Access memory) menyimpan sementara
waktu, jika komputer mati maka data hilang.
b.
ROM (Read Only Memory) memory yang hanya bisa
dibaca dan beruna sebagai penyedia informasi.
10.
Mikroprosesor adalah sebuah chip CPU yang
menjadi otak komputer. Terdiri dari ALU, CU dan RU
11.
Mikrokontroler adalah sebuah Chip yang terdiri
atas CPU, Memory, I/O dan Counter Clock dalam sebuah IC.
12.
Jenis keluarga Mikrokontroler:
a.
MCS-51 : Arsitektur Intel namun keluaran Atmel
b.
AVR (Advance Versatile RISC)
c.
PIC (Peripheral Interface Controler) digunakan
untuk industry skala besar karena ketangguhannya.
13.
Penggunaan Mikrokontroler sebagai Pengendali
Otomatis, Pengendali system robot dan telekomunikasi.
1
KELAS XI
MATERI KOMUNIKASI DATA
1.
Komunikasi adalah kegiatan dua orang atau lebih
yang saling berinteraksi dan menghasilkan informasi
2.
Telekomunikasi adalah alat komunikasi jarak jauh
untuk menyalurkan informasi dari titik ke berbagai titik lainnya.
3.
Contoh komunikasi suara adalah:
a.
Komunikasi radio siaran, dipancarkan kesegala
arah, bersifat umum dan jangkauannya tergantung daya pancar. Conoth Radio RRI
b.
Komunikasi Radio Amatir, dipancarkan segala arah
tapi jumlah pengirim dan penerima terbatas. Contoh Radio Interkom
c.
Komunikasi Radio Panggil, memanggil penerima
yang telah menjadi pelanggan pengirim, jangkauan terbatas. Contoh Pager
d.
Komunikasi telpon, dengan diagram telpon nya
yaitu Dialing à
Transmitting à
Ringing àReceiving.
4.
Komunikasi berita dan gambar contohnya Telegraf,
Fax dan TV
5.
Komunikasi data adalah proses pengiriman
informasi yang telah diubah dalam kode tertentu yang telahdisepakati dari titik
ke titik yang lain.
6.
Tujuan Komunikasi Data adalah memungkin
pengiriman data lebih besar, penggunaan remote computer, mempermudah
pengelolaan dan pengaturan data, mengurangi waktu pengolahan data dan
mempercepat perluasan informasi.
7.
Komponen Dasar Sistem Komunikasi Data adalah
Pemancar (Pengirim) à
Media Transmidi à
Penerima
8.
Komunikasi data terdiri dari 2 jaringan yaitu
jaringan public (Public Network) dan pribadi (Privet Network)
9.
Karakter terdiri dari Huruf, Angka, Tanda baca
dan symbol.
10.
Sistem sandi yang umum dipakai adalah ASCII
(American Standar for Information Interchange) yang merupakan sandi 7 bit.
11.
Sandi Baudot Code terdiri dari 5 bit
12.
Perangkat komunikasi :
a.
DCE (Data Communicaton Equipment), menyalurkan
informasi
b.
DTE (Data Terminal Equipment); mengatur
masuk-keluarnya informasi
13.
Media komunikasi yang dibutuhkan berupa Wiring
(Pengkabelan), yaitu:
a.
Kabel UTP (Unshield twisted Pairs) atau kabel
LAN
b.
Kabel Coaxial, contoh kabel antenna
c.
Kabel Serat Optik (Fiber Optic)
d.
Nirkabel (Wireless) melalui satelit
14.
Bandwidth adalah lebar pita saluran data. Semakin
lebar aliran data semakin bagus.
15.
Topologi jaringan yang ada diantaranya Bus,
Ring, Star dan Mesh
KELAS XI
MATERI ADMIN SERVER
1.
Admin Server adalah orang yang mengatur
aktivitas server, mlai dari awaldibuat, perawatan hingga perbaikan
2.
Server adalah perangkat yang ditujukan untuk
menyediakan sebuah layanan kepada beberapa perangkat lainnya
3.
Hardware yang dibutuhkan untuk keperluan server
diantaranya Router dan Switch
4.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untu
mendapatkan server yang optimal adalah:
a.
Hardware d.
Skabilitas
b.
Aktifitas bisnis e.
Software
c.
Jumlah pengguna f.
titik penyebaran
5.
Berikut
adalah 4 kriteria dalam memilih merk web swerver agar optimal:
a.
Jaminan c.
keamanan
b.
Kontinuitas d.
kehandalan
6.
Tugas admin server diantaranya:
a.
Mengatur pengguna d. troubleshooting
b.
Update e. keamanan
c.
Back up rutin f. laporan
7.
Skema diagram komputer adalah input – proses –
output dan storage
8.
Contoh web server adalah Apache
9.
Kepanjangan dari RAM adalah Random Access Memory
10.
Satuan untuk RAM adalah bype per second (bps)
11.
1 kilobyte = 1024 byte
12.
Client adalah perangkat yang menggunakan layanan
server
13.
Kepanjangan dari HTTP adalah Hyper Text Transfer
Protocol
14.
Kepanjangan dari DNS adalah Domain Name Server
15.
Sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan
dari komputer ke sebuah jaringan adalah NIC
16.
Teknologi yang bertujan menggantikn kabel yang
menghubungkan terminal komputer dengan jaringan disebut Wireless Fidelity
17.
Jenis layanan yang dapat menjalankan komputer
dari jarak jauh dinamakan Remote Computer
18.
Kabel yang digunakan untuk sebuah jaringan
adalah UTP, Coaxial dan Fiber Optik
19.
Skema desain pembangunan sebuah jaringan
komputer dinamakan TOPOLOGI JARINGAN
20.
Perangkat yang dapat digunakan untuk penghubung
antar komputer disebut Switch
21.
Data yang diacak dengan teks asli disebut
Plaintext
22.
Jenis Web Server yang sering dan paling banyak
digunakan adalah APACHE
23.
Web Server adalah tampilan yang dapat diakses
menggunakan web browser
24.
Contoh web browser adalah Internet Explorer,
Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera
25.
Semakin banyak jumlah pengguna maka kapasitas
RAM harus tinggi
26.
Yang dimaksud dengan kontinuitas adalah Software
harus terus berkembang dan mengikuti standar pprotokol HTTP
27.
Penulisan URL yang benar adalah http://facebook.com/
28.
Contoh Jaringan type LAN adalah Warnet dan Lab
Komputer
29.
Web server yang aman adalah tidak rentan
terhadap pencurian identitas
30.
Contoh system operasi adalah Windows, Linux
KELAS X
MATERI JARINGAN DASAR
1.
Istilah keadaan komputer yang tidak terhubung
dengan komputer lainnya adalah Stand Alone
2.
Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih
yang saling terhubung dan berbagi sumber daya
3.
Bila suatu network berada dalam satu lokasi
gedung disebut LAN
4.
Manfaat Jaringan Komputer:
a.
Sharing Device – berbagi sumber daya seperti
Printer
b.
Sharing File – berbagi penggunaan file
c.
Multi User – penggunaan aplikasi secara
bersama-sama
d.
Otorisasi – akses ke jaringan menggunakan nama
dan password
5.
Kekurangan Jaringan Komputer:
a.
Biaya tinggi
b.
Manajemen Hardware dan Admin system ---
Pemeliharaan hardware dan Pelatihan bagi teknisi
c.
Aplikasi Virus da media hacking
6.
Jenis-jenis Jaringan komputer
a.
LAN – jangkauan jaringan hingga satu gedung
b.
MAN – jangkauan jaringan hingga satu
kota/provinsi
c.
WAN – jangkauan jaringan hingga satu
benua/Negara
d.
Internet – jangkauan tidak terbatas
e.
P2P – hanya untuk 2 komputer atau lebih tanpa
ada server dan client
7.
Contoh aplikasi jaringan Wan adalah Mesin ATM
8.
ISO adalah International Organization for
Standaritazion
9.
OSI adalah Open System Interconnection
10.
7 layer OSI diantaranya:
a.
Layer 7 – application layer
b.
Layer 6 – Presentation layer
c.
Layer 5 – Session layer
d.
Layer 4 – Transport layer
e.
Layer 3 – Network layer
f.
Layer 2 – Data Link Layer
g.
Layer 1 – Physical layer
11.
Application layer mendefinisikan interface
antara software atau aplikasi yang berkomunikasi
12.
Layer 7 menjelaskan aturan-aturan penyediaan
layanan jaringan dan pengaksesan
13.
Contoh protocol layer 7 adalah SAP, NFS, SMTP,
Telnet, FTP, WWW
14.
Layer 6 --
presentation bertujuan mendefinisikan format data ASCII. Penterjemahan
Data, Enkripsi dan kompresi data
15.
Layer Session mendefinisikan bagaimana memulai,
mengontrol dan mengakhiri suatu percakapan
1
KELAS X
MATERI PEMROGRAMAN DASAR
1.
Algoritma berasal dari penulis Arab bernama Al
Khuwarizmi
2.
Algoritma merupakan jantung ilmu komputer atau
informatika
3.
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
4.
Pemrograman adalah kumpulan instruksi-instruksi
tersendiri yang dibuat oleh programmer
5.
Program adalah kumpulan istruksi yang disusun
sehingga mempunyai urutan nalar untuk menyelesaikan permasalahan.
6.
Programmer adalah orang yang menyusun program
7.
Bahasa Pemrograman adalah alat untuk membuat
program
8.
Input adalah memasukkan data awal ke komputer
melalui device
9.
Output adalah menampilkan hasil data yang telah
diolah kedalam bentuk yang dipahami manusia melalui devicenya
10.
Proses adalah rangkaian menerima data dan
mengolahnya dengan metode, teknik dan algoritma untuk menghasilkan keluaran.
11.
Contoh Input Device adalah Keyboard, Mouse,
Scaner, Mikropon, joystick
12.
Contoh Output Device adalah Monitor, Printer,
proyektor
13.
Untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang
kita tulis maka diperlukan Compiler dan interpreter
14.
Interpreter menganalisis dan mengeksekusi setap
baris dari program
15.
Compiler menterjemahkan secara keseluruhan
16.
Berdasarkan terapannya bahasa pemrograman
digolongkan atas 2 kelompok yaitu Bahaa Pemrograman bertujuan khusus dan
bertujuan umum
17.
Bahasa Pemrograman bertujuan khusus contohnya
Cobol, Fortran, Bahasa rakitan, Prolog
18.
Bahasa Pemrograman bertuuan umum contohnya
Pascal, Basic dan C
19.
Bahasa Tingkat Rendah adalah pemrograman yang
lebih dekat ke Mesin, conothnya Bahasa Mesin
20.
Bahas Tingkat Tinggi adalah behasa pemrograman
yang lebih manusiawi, contoh Pascal, Cpbaol, Basic, fortran, C++
21.
Flowchart adalah gambar atau bagan yang
memperlihatkan urutan dan hubungan proses beserta pernyataannya dalam bentuk
notasi tertentu.
2
KELAS X
MATERI PEMROGRAMAN WEB
1.
System analist = menganalisa system dan desain
yang dikembangkan
2.
Programmer = membuat program sesuai system yang
dianalisa
3.
Web Desainer = menetukan tampilan sebuah
website. Harus menguasai HTML, Pengolahan Gambar dn Animasi
4.
Web Programer = membuat program berbasis web
sesuai desain agar dinamis. Harus menguasai MySQL, ASP, Javascript
5.
Teknisi = melakukan pemeliharaan dan perbaikan
perangkat system komputer
6.
Networking engineer = teknisi untuk jaringan
komputer
7.
EDP Operator = mengoperasikan program
8.
System administrator = memanajemen administrasi
system
9.
Web
Administrator = memaintenance suatu server, mengerti OS Server, Troubleshooting
10.
Web Master = mengerti semua hal tentang Web.
11.
Internet = Interconnected Network, yaitu
jaringan komputer yang saling terhubung
12.
Cikal bakal Internet adalah Program ARPANet
milik DepHanKam USA di kota Utah pada tahun 1969
13.
WWW = World Wide Web, adalah dokumen yang saling
bertautan dengan hyperteks.
14.
WWW ditemukan oleh Tim Barners Lee
15.
URL = Uniform Resource Locator
16.
HTML = Hypertext Markup Language, bahasa yang
digunakan untuk membuat sebuah web
17.
Home Page adalah titik awal halaman
18.
Contoh URL adalah http://kembalianmecin.com/kobokanwarteg/
19.
Bagian-bagian URL adalah :
Protocol = http://
Situs = Nama situs
Path = kobokan warteg
20.
Sebagian URL diawali dengan HTTP (Hypertext
Transfer Protocol)
21.
Sebuah URL tidak memiliki spasi, selalu
menggunakan double slash (//) dan tidak Case Sensitif
22.
Contoh alamat surel adalah gopeklecek@gmail.com
23.
Contoh Web Browser adalah Mozilla Firefox,
Internet Explorer, Google Chrome, Opera, Safari dan Maxton
24.
Contoh Search engine adalah Yahoo, Google,
altavista, ask, bing
25.
Contoh blog gratisan adalah blogspot dan
wordpress
Itu Yusuf Kobokan Warteg ya pak :v Btw Ulangannya nnti jangan susah2 ya pak :v
BalasHapusGampang kok, asal mau dibaca dan pelajari
BalasHapusMakasih pak udah di kasi tau... Bapak saya mau pesan air mila gros lg pak. Bapak kapan ke sekolaan lg pak??
Hapus