Glad To Meet You, Let's Keep The Relationship - Senang Berkenalan Dengan Anda, Mari Jaga Silaturahim

Jumat, 28 Februari 2014

Membuat SKHU Dengan Tampilan Per Siswa Siap Cetak

SKHU Siswa siap cetak
Setelah melaksanakan Ujian Nasional, sekolah akan disibukan dengan pengolahan nilai Ijazah. Siswa pun akan disibukan dengan proses Penerimaan Peserta Didik Baru. Salah satu persyaratan pada PPDB adalah Transkrip Nilai. Sebelum SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) terbit, pihak sekolah diharuskan mengeluarkan SKHU untuk keperluan PPDB siswa tersebut. Mungkin terasa ringan apabila junlah siswa yang memnita SKHU sedikit, tapi bayangkan jika jumlah siswa dalam rombel diatas 50 dan yang meminta hanya beberapa saja.

Sekolah akan merasa mubazir jika membuat dan mencetak semua SKHU siswa. berlatar kasus tersebutlah penulis membuat sebuah aplikasi kecil membuat SKHU dengan tampilan per siswa dan siap cetak. Adapun software yang digunakan sangat familar, MS Excel.
Aplikasi ini akan memuat persis semua data yang ada pada blangko SKHU, baik itu Biodata, Nilai Rerata Raport semester 1 - 5, Nilai Ujian sekolah dan Nilai Ujian Nasional serta Nilai Akhir. Bahkan bisa juga disematkan Foto Siswa.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan ini adalah Data-data yang akurat. Data yang digunakan akan lebih baik jika beruapa Softcopy. Namun, tidak pula masalah jika kita hanya mendapatkan data Hardcopy (biasanya Dakol UN). Karena saat ini sudah ada software pengkonversi Data Hardcopy menjadi File Softcopy yang siap diolah kembali. Silakan kunjungi Postingan tentang Aplikasi tersebut disini.
Penulis sudah membuat aplikasi ini, jadi bagi rekan yang ingin menggunakannya dipersilakan unduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik tidak mengandung unsur CYBERCRIME dan SARA