Glad To Meet You, Let's Keep The Relationship - Senang Berkenalan Dengan Anda, Mari Jaga Silaturahim

Jumat, 28 Februari 2014

Mengubah File Hardcopy atau Data Hasil Scan Menjadi File Softcopy Untuk Word dan Excel

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,,
ABBYY Finereader 11
Alhamdulillah segala pujian untuk Allah Robbul Izzati atas nikmat yang dilimpahkan. Sholawat serta salam untuk Nabi Muhammad SAW.
Pernah disuatu hari penulis menerima tugas membuatkan SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) dan hanya diberi waktu 2 hari. Padahal untuk membuat SKHU dibutuhkan beberapa dokumen seperti: DKN (Daftar Kolektif Nilai UN), Nilai Rerata Raport Semester 1 hingga semester 5, Nilai Ujian Sekolah. Dan yang lebih merepotkan lagi ternyata hanya diberikan dokumen berupa Hardcopy. Haduhhh,,,,Gimana ini? Jumlah siswa juga diatas 50. Dan kemungkinan yang akan mengambil SKHU pun hanya beberapa siswa saja. Hal ini dikarenakan SKHUN dari Pusat belum terbit, jadi SKHU diterbitkan sekolah sebagai salah satu persyaratan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
Alhamdulillah, setelah Googling akhirnya dapat juga solusinya. Ternyata Hardcopy bisa diubah menjadi Softcopy dengan menggunakan software khusus.
Adalah ABBYY Finereader 12 aplikasi yang mampu mengubah file Hardcopy (Hardcopy adalah File yang tercetak pada media kertas). Tidak tanggung-tanggung aplikasi ini mampu membaca tabel juga. Hasilnya bisa kita edit, bahkan bisa juga untuk formula di Excel. Aplikasi ini setelah terinstall akan menjadi Adds On nya Microsoft Office Word dan Excel. Aplikasi ini akan berada disebelah kanan atas di Tab Terakhir.

Berikut adalah langkah-langkah mengubah Hardcopy menjadi Softcopy menggunakan Abbyy Finereader 11:
  1. Unduh aplikasi ABBYY Finereader kemudian Install. Anda dapat membuka link nya disini.
  2. Cek MS Word dan MS Excel, lihat disebelah kanan atas. jika sudah terinstall ABBY Finereader akan menjadi Tab terakhir.
  3. Klik Tab ABBYY Finereader - Klik Start ABBYY
  4. Jika ini adalah penggunaan pertama kali setelah diinstall, maka akan muncul kotak dialog Trial License Activation, klik Run Program
  5. Muncul kotak dialog How Get Data, klik From File jika kita sudah memindai hardcopynya. Namun jika belum maka kita pilih From Scaner  Kemudian klik Start
  6. Cari File yang sudah di Scan pada kotak dialog Open Image, klik open
  7. ABBYY akan mengkonversi file anda sesuai Office yang anda pakai (Word atau Excel). Jika yang kita gunakan versi Trial, aplikasi akan memberikan peringatan kalau kita hanya diperkenankan menggunakan 3 halaman saja. Klik Continue pada kotak dialognya
  8. File sudah terkonversi ke bentuk file excel dan siap diolah pakai kembali.Untuk lebih amannya segera lakukan penyimpanan dengan nama file baru.
Kotak dialog Trial, Muncul pada waktu pertama kali digunakan setelah terinstall. Klik Run Program

Kotak Pemilihan Data yang akan di konversi, Dari File atau Scan Data, Klik Start

Membuka dan mencarai data yang akan dikonversi

Data Hardcopy hasil Scaning
Data sudah dalam bentuk file excel setelah dikonversi, siap diolah kembali



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik tidak mengandung unsur CYBERCRIME dan SARA