Glad To Meet You, Let's Keep The Relationship - Senang Berkenalan Dengan Anda, Mari Jaga Silaturahim

Sabtu, 04 Oktober 2014

Catatan Kecil Menjelang Mid Semester TKJ

Assalamu'alaykum WrWb.

Alhamdulillah atas segala Nikmat dan RahmatNya kepada kita semua. 
Sholawat serta salam tercurah kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga serta sahabatnya.tidak terasa saat ini  telah mendekati paruh semester gasal yang juga berbarengan dengan momen Idul Adha 1435 H atau Lebaran Qurban tahun 2014. 

Ada baiknya rangkuman catatan selama awal semester hingga paruh semester ini dibuat selain sebagai kisi-kisi soal Midtest juga sebagai media pembelajaran bagi siswa.
Catatan ini hanyalah sebagian kecil dari materi yang diajarkan. sangat disarankan siswa untuk lebih mencari informasi tentang mata pelajaran terkait di Internet atau buku lainnya sebagai referensi.
Berikut adalah rangkumannya dalam bentuk per kelas dan per mata pelajaran,,,,,

Maaf jika tampilan nya sangatlah kurang nyaman.

Selamat Belajar!!!  



Kelas XII 
Materi TKJ


1.       Proses pemberian informasi (berupa header atauTrailer) data menjadi paket data (PDU =
       Protocol Data Unit) sebelum dikirimkan ke layer selanjutnya, proses ini terjadi pada
       proses pengiriman paket data menuju host tujuan adalah Encapsulasi
2.       Proses dari Encapsulation terbagi kedalam lima proses
3.       Proses pelepasan informasi (berupa header atau trailer) paket data menjadi data yaitu 
       Dekapsulasi,
4.        Kepanjangan dari WAN adalah Wide Area Network
5.        Ruang lingkup Jaringan WAN adalah sebatas Benua atau Antar pulau
6.        Apabila dilihat dari fisiknya, server terbagi dua jenis, yaitu: Dedicated Server dan PC
       Server
7.        Salah satu program yang dapat menjembatani Linux (dan UNIX pada umumnya) dengan
        mesin Windows yang cukup terkenal adalah Samba.
8.        Samba berasal dari bahasa Brasil
9.        Sistem keamanan Jaringan disebut juga dengan FIREWALL.
10.    OSI kepanjangan dari Open System Interconnection
11.     Konversi  dari  11 0011 (2) ke decimal adalah 5110
12.      Jaringan yang mahal adalah WAN
13.     Untuk menghindari pemutusan arus listrik secara tiba-tiba kita gunakan alat yang
        fungsinya menyimpan arus listrik. Alat ini dinamakan UPS (Uninterruptable Power 
        Supply)
14.     Jaringan P2P adalah Peer To Peer
15.     Software untuk membuka jaringan internet disebut Browser
16.     Sedangkan software untuk mencari informasi disebut Search Engine
17.      1 kilobyte = 1024 byte
18.           Fungsi Modem adalah mengubah sinyal Digital menjadi sinyal Analog dan mengubahnya kembali menjadi sinyal digital. Modem disebut juga Penterjemah
19.           Server adalah Penyedia layanan dan Client adalah pengguna layanan
20.               Bagian-bagian dalam SAMBA ditandai dengan tanda []
Essay!
1.             Jelaskan Perbedaan antara jaringan LAN, WAN dan Internet
2.            Gangguan pada system dapat terjadi karena faktor ketidaksengajaan atau orang
           ketiga.Tuliskan 3 dari 6 persiapan keamanan system yang  harus dilakukan!
3.            Tuliskan fungsi dari Workgroup dan Netbios Name!
4.            Tuliskan 3 jenis koneksi WAN!
5.             Saat ini terdapat beberapa jenis protocol yang digunakan untuk menyediakan mekanisme pengiriman data melalui jaringan WAN. Tuliskan 3 dari 5 protokol yang digunakan!
6.                   Tuliskan 7 OSI Layer secara urut!
7.                   Tuliskan 5 type jaringan yang kamu ketahui!
8.                   Apakah pengertian dari CYBERSPACE?
9.                   Ubahlah menjadi  bilangan desimal dan bilangan okta untuk bilangan biner  111 0101 (2)!
10.               Prinsip Kerja Komputer adalah  Output - Storage - Input –  Proses .  Buatlah diagramnya!
              11. Tuliskan langkah-langkah mengaktifkan Firewall pada Windows!


KELAS XI

MATERI : PEMROGRAMAN DASAR

1.       Algoritma berasal dari penulis Arab bernama Al Khuwarizmi
2.       Algoritma merupakan jantung ilmu komputer atau informatika
3.       Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
4.       Pemrograman adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang dibuat oleh programmer
5.       Program adalah kumpulan istruksi yang disusun sehingga mempunyai urutan nalar untuk menyelesaikan permasalahan.
6.       Programmer adalah orang yang menyusun program
7.       Bahasa Pemrograman adalah alat untuk membuat program
8.       Input adalah memasukkan data awal ke komputer melalui device
9.       Output adalah menampilkan hasil data yang telah diolah kedalam bentuk yang dipahami manusia melalui devicenya
10.   Proses adalah rangkaian menerima data dan mengolahnya dengan metode, teknik dan algoritma untuk menghasilkan keluaran.
11.   Contoh Input Device adalah Keyboard, Mouse, Scaner, Mikropon, joystick
12.   Contoh Output Device adalah Monitor, Printer, proyektor
13.   Untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang kita tulis maka diperlukan Compiler dan interpreter
14.   Interpreter menganalisis dan mengeksekusi setap baris dari program
15.   Compiler menterjemahkan secara keseluruhan
16.   Berdasarkan terapannya bahasa pemrograman digolongkan atas 2 kelompok yaitu Bahaa Pemrograman bertujuan khusus dan bertujuan umum
17.   Bahasa Pemrograman bertujuan khusus contohnya Cobol, Fortran, Bahasa rakitan, Prolog
18.   Bahasa Pemrograman bertujuan umum contohnya Pascal, Basic dan C
19.   Bahasa Tingkat Rendah adalah pemrograman yang lebih dekat ke Mesin, conothnya Bahasa Mesin
20.   Bahas Tingkat Tinggi adalah behasa pemrograman yang lebih manusiawi, contoh Pascal, Cpbaol, Basic, fortran, C++
      Flowchart adalah gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses beserta pernyataannya dalam bentuk notasi tertentu.

2KELAS XI
   MATERI KOMPUTER TERAPAN
   
   1.       Komputer berasal dari bahasa lain Computare. Dalam bahasa Inggris nya adalah To Compute yang berarti Menghitung
2.       Alat hitung pertama  adalah Sempoa
3.       Komputer adalah perangkat yang yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang ditentukan.
4.       Komputer Terapan adalah penerapan dari ilmu komputer yang digunakan untuk penyelsaian masalah yang praktis langsung mempengaruhi dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
5.       Bagan Komputer Minimal adalah
6.       Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data ke dalam komputer. Contohnya: Keyboard, mouse, joystick, Mikropon, barcode, layar sentuh, scanner
7.       Output Device adalah peragkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran bisa berupa Hardcopy (kertas cetak), Softcopy (monitor/file) dan Speaker (suara).
8.       CPU (Central Processing Unit) memiliki 2 bagia fungsional yaitu:
a.       ALU (Aritmetich Logical Unit) sebagai pengolah data
b.      CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer
9.       Memory terbagi 2 yaitu:
a.       RAM (Random Access memory) menyimpan sementara waktu, jika komputer mati maka data hilang.
b.      ROM (Read Only Memory) memory yang hanya bisa dibaca dan beruna sebagai penyedia informasi.
10.   Mikroprosesor adalah sebuah chip CPU yang menjadi otak komputer. Terdiri dari ALU, CU dan RU
11.   Mikrokontroler adalah sebuah Chip yang terdiri atas CPU, Memory, I/O dan Counter Clock dalam sebuah IC.
12.   Jenis keluarga Mikrokontroler:
a.       MCS-51 : Arsitektur Intel namun keluaran Atmel
b.      AVR (Advance Versatile RISC)
c.       PIC (Peripheral Interface Controler) digunakan untuk industry skala besar karena ketangguhannya.
13.   Penggunaan Mikrokontroler sebagai Pengendali Otomatis, Pengendali system robot dan telekomunikasi.
1

    KELAS XI
    MATERI KOMUNIKASI DATA

   1.       Komunikasi adalah kegiatan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan menghasilkan informasi
2.       Telekomunikasi adalah alat komunikasi jarak jauh untuk menyalurkan informasi dari titik ke berbagai titik lainnya.
3.       Contoh komunikasi suara adalah:
a.       Komunikasi radio siaran, dipancarkan kesegala arah, bersifat umum dan jangkauannya tergantung daya pancar. Conoth Radio RRI
b.      Komunikasi Radio Amatir, dipancarkan segala arah tapi jumlah pengirim dan penerima terbatas. Contoh Radio Interkom
c.       Komunikasi Radio Panggil, memanggil penerima yang telah menjadi pelanggan pengirim, jangkauan terbatas. Contoh Pager
d.      Komunikasi telpon, dengan diagram telpon nya yaitu Dialing à Transmitting à Ringing àReceiving.
4.       Komunikasi berita dan gambar contohnya Telegraf, Fax dan TV
5.       Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi yang telah diubah dalam kode tertentu yang telahdisepakati dari titik ke titik yang lain.
6.       Tujuan Komunikasi Data adalah memungkin pengiriman data lebih besar, penggunaan remote computer, mempermudah pengelolaan dan pengaturan data, mengurangi waktu pengolahan data dan mempercepat perluasan informasi.
7.       Komponen Dasar Sistem Komunikasi Data adalah Pemancar (Pengirim) à Media Transmidi à Penerima
8.       Komunikasi data terdiri dari 2 jaringan yaitu jaringan public (Public Network) dan pribadi (Privet Network)
9.       Karakter terdiri dari Huruf, Angka, Tanda baca dan symbol.
10.   Sistem sandi yang umum dipakai adalah ASCII (American Standar for Information Interchange) yang merupakan sandi 7 bit.
11.   Sandi Baudot Code terdiri dari 5 bit
12.   Perangkat komunikasi :
a.       DCE (Data Communicaton Equipment), menyalurkan informasi
b.      DTE (Data Terminal Equipment); mengatur masuk-keluarnya informasi
13.   Media komunikasi yang dibutuhkan berupa Wiring (Pengkabelan), yaitu:
a.       Kabel UTP (Unshield twisted Pairs) atau kabel LAN
b.      Kabel Coaxial, contoh kabel antenna
c.       Kabel Serat Optik (Fiber Optic)
d.      Nirkabel (Wireless) melalui satelit
14.   Bandwidth adalah lebar pita saluran data. Semakin lebar aliran data semakin bagus.
15.   Topologi jaringan yang ada diantaranya Bus, Ring, Star dan Mesh


   KELAS XI
   MATERI ADMIN SERVER

   1.       Admin Server adalah orang yang mengatur aktivitas server, mlai dari awaldibuat, perawatan hingga perbaikan
2.       Server adalah perangkat yang ditujukan untuk menyediakan sebuah layanan kepada beberapa perangkat lainnya
3.       Hardware yang dibutuhkan untuk keperluan server diantaranya Router dan Switch
4.       Beberapa hal yang perlu diperhatikan untu mendapatkan server yang optimal adalah:
a.       Hardware                    d. Skabilitas
b.      Aktifitas bisnis           e. Software
c.       Jumlah pengguna    f. titik penyebaran
5.        Berikut adalah 4 kriteria dalam memilih merk web swerver agar optimal:
a.       Jaminan                       c. keamanan
b.      Kontinuitas                 d. kehandalan
6.       Tugas admin server diantaranya:
a.       Mengatur pengguna      d. troubleshooting
b.      Update                               e. keamanan
c.       Back up rutin                    f. laporan
7.       Skema diagram komputer adalah input – proses – output dan storage
8.       Contoh web server adalah Apache
9.       Kepanjangan dari RAM adalah Random Access Memory
10.   Satuan untuk RAM adalah bype per second (bps)
11.   1 kilobyte = 1024 byte
12.   Client adalah perangkat yang menggunakan layanan server
13.   Kepanjangan dari HTTP adalah Hyper Text Transfer Protocol
14.   Kepanjangan dari DNS adalah Domain Name Server
15.   Sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan adalah NIC
16.   Teknologi yang bertujan menggantikn kabel yang menghubungkan terminal komputer dengan jaringan disebut Wireless Fidelity
17.   Jenis layanan yang dapat menjalankan komputer dari jarak jauh dinamakan Remote Computer
18.   Kabel yang digunakan untuk sebuah jaringan adalah UTP, Coaxial dan Fiber Optik
19.   Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dinamakan TOPOLOGI JARINGAN
20.   Perangkat yang dapat digunakan untuk penghubung antar komputer disebut Switch
21.   Data yang diacak dengan teks asli disebut Plaintext
22.   Jenis Web Server yang sering dan paling banyak digunakan adalah APACHE
23.   Web Server adalah tampilan yang dapat diakses menggunakan web browser
24.   Contoh web browser adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera
25.   Semakin banyak jumlah pengguna maka kapasitas RAM harus tinggi
26.   Yang dimaksud dengan kontinuitas adalah Software harus terus berkembang dan mengikuti standar pprotokol HTTP
27.   Penulisan URL yang benar adalah http://facebook.com/
28.   Contoh Jaringan type LAN adalah Warnet dan Lab Komputer
29.   Web server yang aman adalah tidak rentan terhadap pencurian identitas
30.   Contoh system operasi adalah Windows, Linux

    
   KELAS X  
    MATERI JARINGAN DASAR

   1.       Istilah keadaan komputer yang tidak terhubung dengan komputer lainnya adalah Stand Alone
2.       Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling terhubung dan berbagi sumber daya
3.       Bila suatu network berada dalam satu lokasi gedung disebut LAN
4.       Manfaat Jaringan Komputer:
a.       Sharing Device – berbagi sumber daya seperti Printer
b.      Sharing File – berbagi penggunaan file
c.       Multi User – penggunaan aplikasi secara bersama-sama
d.      Otorisasi – akses ke jaringan menggunakan nama dan password
5.       Kekurangan Jaringan Komputer:
a.       Biaya tinggi
b.      Manajemen Hardware dan Admin system --- Pemeliharaan hardware dan Pelatihan bagi teknisi
c.       Aplikasi Virus da media hacking
6.       Jenis-jenis Jaringan komputer
a.       LAN – jangkauan jaringan hingga satu gedung
b.      MAN – jangkauan jaringan hingga satu kota/provinsi
c.       WAN – jangkauan jaringan hingga satu benua/Negara
d.      Internet – jangkauan tidak terbatas
e.      P2P – hanya untuk 2 komputer atau lebih tanpa ada server dan client
7.       Contoh aplikasi jaringan Wan adalah Mesin ATM
8.       ISO adalah International Organization for Standaritazion
9.       OSI adalah Open System Interconnection
10.   7 layer OSI diantaranya:
a.       Layer 7 – application layer
b.      Layer 6 – Presentation layer
c.       Layer 5 – Session layer
d.      Layer 4 – Transport layer
e.      Layer 3 – Network layer
f.        Layer 2 – Data Link Layer
g.       Layer 1 – Physical layer
11.   Application layer mendefinisikan interface antara software atau aplikasi yang berkomunikasi
12.   Layer 7 menjelaskan aturan-aturan penyediaan layanan jaringan dan pengaksesan
13.   Contoh protocol layer 7 adalah SAP, NFS, SMTP, Telnet, FTP, WWW
14.   Layer 6 --  presentation bertujuan mendefinisikan format data ASCII. Penterjemahan Data, Enkripsi dan kompresi data
15.   Layer Session mendefinisikan bagaimana memulai, mengontrol dan mengakhiri suatu percakapan
1


   KELAS X
    MATERI  PEMROGRAMAN DASAR

   1.       Algoritma berasal dari penulis Arab bernama Al Khuwarizmi
2.       Algoritma merupakan jantung ilmu komputer atau informatika
3.       Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
4.       Pemrograman adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang dibuat oleh programmer
5.       Program adalah kumpulan istruksi yang disusun sehingga mempunyai urutan nalar untuk menyelesaikan permasalahan.
6.       Programmer adalah orang yang menyusun program
7.       Bahasa Pemrograman adalah alat untuk membuat program
8.       Input adalah memasukkan data awal ke komputer melalui device
9.       Output adalah menampilkan hasil data yang telah diolah kedalam bentuk yang dipahami manusia melalui devicenya
10.   Proses adalah rangkaian menerima data dan mengolahnya dengan metode, teknik dan algoritma untuk menghasilkan keluaran.
11.   Contoh Input Device adalah Keyboard, Mouse, Scaner, Mikropon, joystick
12.   Contoh Output Device adalah Monitor, Printer, proyektor
13.   Untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang kita tulis maka diperlukan Compiler dan interpreter
14.   Interpreter menganalisis dan mengeksekusi setap baris dari program
15.   Compiler menterjemahkan secara keseluruhan
16.   Berdasarkan terapannya bahasa pemrograman digolongkan atas 2 kelompok yaitu Bahaa Pemrograman bertujuan khusus dan bertujuan umum
17.   Bahasa Pemrograman bertujuan khusus contohnya Cobol, Fortran, Bahasa rakitan, Prolog
18.   Bahasa Pemrograman bertuuan umum contohnya Pascal, Basic dan C
19.   Bahasa Tingkat Rendah adalah pemrograman yang lebih dekat ke Mesin, conothnya Bahasa Mesin
20.   Bahas Tingkat Tinggi adalah behasa pemrograman yang lebih manusiawi, contoh Pascal, Cpbaol, Basic, fortran, C++
21.   Flowchart adalah gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses beserta pernyataannya dalam bentuk notasi tertentu.
2

  KELAS X
   MATERI  PEMROGRAMAN WEB


   1.       System analist = menganalisa system dan desain yang dikembangkan
2.       Programmer = membuat program sesuai system yang dianalisa
3.       Web Desainer = menetukan tampilan sebuah website. Harus menguasai HTML, Pengolahan Gambar dn Animasi
4.       Web Programer = membuat program berbasis web sesuai desain agar dinamis. Harus menguasai MySQL, ASP, Javascript
5.       Teknisi = melakukan pemeliharaan dan perbaikan perangkat system komputer
6.       Networking engineer = teknisi untuk jaringan komputer
7.       EDP Operator = mengoperasikan program
8.       System administrator = memanajemen administrasi system
9.        Web Administrator = memaintenance suatu server, mengerti OS Server, Troubleshooting
10.   Web Master = mengerti semua hal tentang Web.
11.   Internet = Interconnected Network, yaitu jaringan komputer yang saling terhubung
12.   Cikal bakal Internet adalah Program ARPANet milik DepHanKam USA di kota Utah pada tahun 1969
13.   WWW = World Wide Web, adalah dokumen yang saling bertautan dengan hyperteks.
14.   WWW ditemukan oleh Tim Barners Lee
15.   URL = Uniform Resource Locator
16.   HTML = Hypertext Markup Language, bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah web
17.   Home Page adalah titik awal halaman
18.   Contoh URL adalah http://kembalianmecin.com/kobokanwarteg/
19.   Bagian-bagian URL adalah :
Protocol = http://
Situs = Nama situs
Path = kobokan warteg
20.   Sebagian URL diawali dengan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
21.   Sebuah URL tidak memiliki spasi, selalu menggunakan double slash (//) dan tidak Case Sensitif
22.   Contoh alamat surel adalah gopeklecek@gmail.com
23.   Contoh Web Browser adalah Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, Safari dan Maxton
24.   Contoh Search engine adalah Yahoo, Google, altavista, ask, bing
25.   Contoh blog gratisan adalah blogspot dan wordpress




 

3 komentar:

  1. Itu Yusuf Kobokan Warteg ya pak :v Btw Ulangannya nnti jangan susah2 ya pak :v

    BalasHapus
  2. Gampang kok, asal mau dibaca dan pelajari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih pak udah di kasi tau... Bapak saya mau pesan air mila gros lg pak. Bapak kapan ke sekolaan lg pak??

      Hapus

Komentar yang baik tidak mengandung unsur CYBERCRIME dan SARA