Glad To Meet You, Let's Keep The Relationship - Senang Berkenalan Dengan Anda, Mari Jaga Silaturahim

Jumat, 03 Januari 2014

TIK/KKPI#Dasar-Dasar Komputer

Illustrasi PC
Dunia semakin sempit, itulah istilah yang mendorong perilaku manusia saat ini yang dimanjakan dengan Gadget dan Pemrosesan Instant. Dua hal ini tumbuh bersamaan dengan teknologi yang setiap hari semakin canggih. Semua hal yang dahulu kita anggap mustahil dan hanya ada di film Fiksi Ilmiah sekarang bisa kita dapatkan. Dua diantara yang mengubah perilaku hidup manusia saat ini adalah Komputer dan Telepon Seluler. Dari kedua gadget ini kemudian berkembang mengusung Jaringan Global yang dikenal dengan Internet. Dan, segala sesuatu yang berhubungan dengannya tersebut disebut dengan IT.

Penulis saat ini mencoba untuk membahas salah satunya, yaitu Komputer.

Istilah dan komponen Dasar

Data adalah nama yang diberikan untuk fakta dasar , data disebut sebgai kata tunggal bukan jamak. Kumpulan data dinamakan Datum.

 
Informasi, kadang-kadang dibedakan antara data dan informasi. Apabila data di ubah (dikonversi) menjadi bentuk yang lebih berguna atau lebih mudah dimengerti, maka ia dikatakan diproses menjadi Informasi.

Illustrasi LabKom
Program adalah set instruksi yang ditulis dalam bahasa komputer. Program digunakan untuk membuat komputer menjalankan tugas spesifiknya. komputer hanya akan bisa mematuhi instruksi program jika program tersebut sudah tersimpan (ter-install) didalam komputer. hal ini berarti bahwa komputer juga harus bisa meng-input dan menyimpan program selain data. Maka, komputer bekerja dibawah Kontrol Program yang telah tersimpan.

Hardware adalah istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan dikomputer. Hardware (perangkat keras) memiliki fisik dan enam bagian pokok (heading utama), yaitu:
  • Prosesor semi-konduktor dan memori
  • Penyimpanan Data
  • Penyimpanan Cadangan
  • Entri Data
  • Transmisi Data dan Jaringan
  • Output
Software adalah istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua macam program yang bisa digunakan pada sistem komputer bersama dengan dokumentasinya yang tergabung. Software terbagi menjadi:
  • Software Sistem Operasi (Operating System)
  • Software Sistem Aplikasi (Aplication System)
  • Software Sistem Utilitas (Utility System)
Masukan (Input), adalah data yang diterima komputer dari luar untuk pemrosesan didalam. Kebanyakn komputer tidak dapat menerima data dalam bentuk komunikasi manusia biasa seperti percakapan atau dokumen tertulis. Data dipresentasikan dengan suatu cara yang bisa menberikan konversi yang mudah kedalam bentuk elektronik yang didasarkan pulsanya sendiri.

Penyimpanan (Storage), Komputer menyangga data sebelum, selama dan setelah pemrosesan. Data dan instruksi memasuk Main Storage (penyimpanan utama) dan disimpan sampai diperlukan untuk bekerja. 

Pemrosesan (Processing), komputer menjalankan operasi pada data yang ia sangga didalam. Pemrosesan dilakukan oleh Mikroprocessor, komputer yang pemrosesannya dilakukan oleh mikroprosesor disebut Mikrokomputer. Setiap komputer mempunyai Unit Kontrol yang menjemput instruksi dari penyimpanan utama, menginterpretasikan  instruksi itu dan menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang diperlukan oleh komponen yang membentuk sistem itu.

Keluaran (Output), komputer menghasilkan data dari dalam untuk penggunaan eksternal. Output diambil dari penyimpanan utama. Keluaran berupa informasi yang mudah dimengerti. Keluaran bisa  ditampilkan dalam tampilan layar dan media lainnya.

Definisi Komputer, dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Komputer  adalah peralatan (device) yang bekerja dibawah kontrol program yang tersimpan, yang secara otomatis menerima (Input), menyimpan (Storage), dan memproses data (Process) untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil keluaran (Output) dari pemrosesan itu.
  
Sumber: Seri Diktat Kuliah Univ Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik tidak mengandung unsur CYBERCRIME dan SARA